Minggu, Juni 12, 2016

Mengenal Sifat-sifat Kopi

Posted by Unknown on Minggu, Juni 12, 2016 in | No comments
Dalam kehidupan kita sehari-hari ada banyak jenis kopi yang berasal dari beberapa daerah dari penjuru dunia. Semua dengan cita rasa dan karakteristik masing-masing. Termasuk dari Indonesia. Namun, sudahkah kita tahu bagaimana sifat umum kopi tersebut?


Para coffee cuppers tentunya lebih akrab dengan karakteristik kopi. Mereka umumnya harus menuliskan notes dari observasi mereka terhadap kopi. Hasil observasi tersebut biasanya mereka tuangkan dalam sebuah kertas tabel atau score sheet. Berikut karakteristik yang umumnya dinilai dari sebuah kopi:

Sweetness
Seberapa banyak kandungan sweetness atau rasa manis yang dimiliki kopi itu? Karena setiap kopi akan beragam kandungan sweetness-nya. Rasa manis alami adalah sifat yang paling dicari dari secangkir kopi, dan umumnya, semakin banyak sweetness-nya maka akan semakin baik.

Acidity
Seberapa acid atau asam kopi itu? Dan seberapa menyenangkan keasamannya? Jika terlalu tinggi kadar keasamannya maka kopi itu bisa dikategorikan sebagai ‘sour’ atau asam sekali. Namun jika asam yang dikandungnya enak, maka itu akan membuat kopi lebih crispy atau juiciness.

Mouthfeel
Selanjutnya adalah Apakah kopi itu memiliki rasa yang ringan, lembut, sensasi penuh di mulut yang mirip seperti teh atau ia lebih terasa kaya, creamy dan heavy?

Flavor
Mungkin ini cuma sekadar mengecap, merasa macam-macam rasa kopi dan aroma dari satu jenis kopi tertentu, tapi juga seberapa menyenangkan rasa kopi itu? Masing-masing kopi yang dicoba memang berbeda-beda, tapi bagaimana menuangkan rasa-rasa yang berbeda itu dalam bahasa sederhana yang mudah dipahami oleh konsumen.

Demikianlah sedikit perkenalan kita tentang sifat-sifat kopi. Silakan dibuktikan!

Sumber: Dari berbagai sumber


0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar...