Minggu, Juni 12, 2016

Menjaga Kesegaran Kopi

Posted by Unknown on Minggu, Juni 12, 2016 in | No comments
Foto: www.money.id
Sebagian besar makanan dan minuman pada dasarnya adalah bersifat sensitif. Begitu juga dengan kopi. Menyimpan kopi di tempat yang kurang tepat, dengan cara yang tidak pas akan berpengaruh terhadap keaslian rasa dan kesegaran kopi itu sendiri.

Sebagian besar para penggila kopi mungkin sering membeli kopi dalam jumlah banyak sebagai stok untuk beberapa bulan. Namun, tidakkah kita tahu bahwa, menyimpan kopi dalam waktu yang lama (baik bubuk maupun biji) akan berpengaruh terhadap ‘pudarnya, rasa dan kesegaran kopi. Bahkan bisa menyebabkan kopi akan menjadi basi. Lalu bagaimana sebaiknya menyimpan kopi agar kesegarannya tetap terjaga dan tidak mengubah rasa? Berikut beberapa tips dalam menyimpan kopi.

Belilah Biji Kopi, Bukan Bubuk Kopi
Ketahanan biji kopi tentu lebih baik, jika dibandingkan dengan kopi bubuk. Biji kopi bisa tahan lebih lama, bahkan sampai berbulan-bulan. Kita menyukai menikmati kopi yang segar, dan kesegaran tersebut berada pada biji. Kopi lebih baik dinikmati sesaat setelah bijinya digiling, bukan melalui bubuk kopi yang telah berhari-hari disimpan. Kopi sangat mudah teroksidasi, oleh karena itu kesegarannya akan menurun sesaat setelah bijinya digiling. Jika kamu mengonsumsi kopi setiap hari, disarankan memiliki grinder di rumah. Tak harus mahal, manual grinder semacam Porlex dan Zassenhaus bisa menjadi pilihan yang tepat.

Gunakan Biji Kopi Tak Lebih dari Dua Minggu
Biji kopi yang baik sebaiknya tak terlalu lama dikonsumsi setelah dia disangrai. Biji kopi yang setelah disangrai namun disimpan terlalu lama akan memberikan efek yang serius pada rasanya. Kopi tersebut bisa kehilangan nikmatnya karena mungkin saja sudah basi. Sebaiknya menggunakan kopi tidak lebih dari dua minggu. Tak ada salahnya membeli kopi dalam jumlah kecil dan berulang-ulang daripada membeli kopi dalam jumlah banyak lalu menumpuknya di rumah, bukan?

Simpanlah Kopi dalam Wadah Kedap Udara
Kopi memang sebaiknya disimpan di dalam paper bag yang memang menjadi tempat awal saat kita membeli kopi. Tapi hal itu akan menjadi tak baik lagi apabila kita sudah menggunakan sebagian kopi dan ingin menutupnya kembali. Paper bag yang telah dibuka tidak mampu menyimpan kopi secara maksimal. Oleh karena itu, kamu membutuhkan toples atau kontainer kedap udara. Bodum Storage Jar, Hario Glass Canister atau Kinto Bottlit Canister adalah tiga tempat penyimpanan kopi yang mampu menjaga kesegaran kopimu. Ingat, toples kedap udara it’s a must!

Simpan Kopi di Tempat yang Sejuk dan Gelap
Saat tanaman memerlukan matahari untuk tumbuh, maka kopi yang telah disangrai tidak memerlukannya. Simpanlah kopimu di tempat yang sejuk, gelap dan terhindar matahari agar kesegarannya terjaga dan rasanya tak berubah. Meskipun sejuk, tapi menyimpan kopi di dalam kulkas sama sekali tidak disarankan. Selamat mencoba!

Sumber: Diramu dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar...