Sabtu, Juni 25, 2016

Ciri dan Karakteristik Kopi Liberika

Posted by Unknown on Sabtu, Juni 25, 2016 in | No comments
Foto: www.kompasiana.com
Kali ini kita akan membicarakan tentang ciri-ciri dan karakteristik kopi Liberika. Kopi Liberika adalah jenis kopi yang berasal dari Wilayah Afrika bagian Barat atau tepatnya di negara Liberia. Mungkin dari sinilah filosofi penamaan kopi Liberika ini yang berasal dari negara Liberia. 

Beberapa varietas jenis kopi Liberika yang pernah didatangkan ke Indonesia antara lain adalah jenis Ardoniana dan jenis Durvei.

Kopi Liberika dapat tumbuh dengan tinggi sampai 9 meter. Kopi ini masuk ke Indonesia pada abad ke 19. Kedatangan jenis kopi ini adalah untuk menggantikan kopi Arabika yang tidak terlalu kebal dengan hama penyakit.

Di Indonesia, pembudidayaan kopi jenis ini tidak berlangsung lama. Para petani kopi lebih memilih menggantinya dengan kopi jenis lain. Salah satu alasan kenapa petani berlaih ke kopi jenis lain adalah karena bobot biji kopi keringnya hanya 10% dari bobot kopi basah. Hal ini dianggap tidak menguntungkan bagi petani.

Karakteristik biji kopi jenis liberika hampir sama dengan jenis kopi Arabika. Namun, yang membedakannya adalah jenis liberika lebih tahan terhadap serangan hama Hemelia vastatrixi (HV).

Dari adalah ukuran daun,cabangnya, bunga kopi, buah kopi dan pohon kopi Liberika lebih besar bila dibandingkan dengan kopi Arabika dan kopi Robusta.

Kopi jenis ini termasuk tanaman hutan yang banyak dijumpai di pedalaman Kalimantan. Bahkan kopi jenis ini, sudah berabad-abad dijadikan Suku Dayak (suku asli Kalimantan) sebagai minuman tradisional.

Sumber: Diambil dari berbagai sumber

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar...