Selasa, Juni 14, 2016

Makanan Ringan Pendamping Kopi

Posted by Unknown on Selasa, Juni 14, 2016 in | No comments
Foto: www.kompasiana.com
Kopi sepertinya sudah menjadi bagian yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Entah itu ia berada di benua Eropa, Amerika, Asia, Afrika dan benua lainnya. Selain itu, kopi juga digemari oleh banyak orang, baik kaum adam, maupun kaum hawa, kaum muda maupun mereka yang sudah sepuh. Kopi tanpa disadari telah menyatukan banyak orang dalam cangkir yang sama yaitu aroma nikmat dan kehangatan kopi.

Kehadiran kopi dalam kehidupan manusia sudah cukup lama. Di Indonesia sendiri, kopi pertama kali masuk pada tahun 1696 yang dibawa oleh Komandan Pasukan Belanda pada waktu itu Adrian Van Ommen. Kopi ia bawa dari Malabar–India, dengan jenis Arabika.

Kopi yang dibawa oleh Adrian Van Ommen, masuk melalui Batavia, atau yang sekarang kita kenal dengan Jakarta saat ini. Semenjak pertama masuk ke Indonesia oleh Belanda, tanaman kopi dijadikan tanaman yang ‘wajib’ di tanam oleh petani di wilayah nusantara. Maklum harga kopi dunia pada waktu itu cukup bagus.  

Sebagai bangsa yang dijajah pada waktu itu, mau tidak mau keinginan Belanda terpaksa harus diikuti. Petani terpaksa menanam tanaman yang sudah ditetapkan oleh Belanda, diantaranya adalah tanaman kopi. Sekarang, kopi sudah menjadi salah satu komoditas unggulan Indonesia.

Kita tinggalkan sejenak sejarah kopi, sekarang kita akan membahas apa yang menjadi makanan ringan pendamping ketika menyeruput secangkir kopi?

Menyeruput kopi, akan terasa kurang nikmat jika tidak ditemani oleh makanan ringan. Berikut ada beberapa pilihan makanan ringan yang bisa kita jadikan pasangan untuk menemani kopi hangat kita. 

1. Donat
Kalau kita mampir di kafe-kafe, biasanya makanan ringan pendamping kopi adalah sejenis donat, ataupun rori-roti lembut yang ditaburi coklat dan kacang pilihan, dengan rasanya yang juga enak. Di sana kita bisa memilih, mau  pilih apa?, tinggal disesuaikan dengan selera dan kantong kita tentunya.

2. Pisang Goreng 
Selanjutnya adalah pisang goreng. Kalau di kampung, biasanya menyeruput kopi ditemani oleh potongan pisang goreng panas. Nikmat dan sensasinya tentu akan berbeda. Apa lagi saat hawanya lagi dingin, kopi dan pisang goreng panas pasti akan memberikan kehangatan yang lembut untuk memulai maupun ketika lagi istirahat setelah bekerja di sawah maupun di ladang seharian.

3. Ubi Rebus
Untuk makanan ringan yang satu ini, akan terasa pas jika dinikmati bersama kopi pada waktu pagi hari, saat akan berangkat kerja. Biasanya menu ini sekaligus menjadi sarapan pagi para petani di kampung-kampung yang akan berangkat ke sawah atau ladang.

4. Kacang 
Kacang juga asyik dijadikan untuk menemani kita menikmat secangkir kopi. Apa lagi kalau minum kopinya bersama teman-teman lama yang sudah lama sekali tidak bertemu,  diselingi dengan obrolan ringan dan gelak tawa yang lepas. 

Nah, kira-kira makanan ringan mana yang anda sukai? Jangan khawatir anda bisa mengkombinasikannya dengan beberapa makanan ringan sesuai dengan selera dan mood masing-masing, yang penting makanannya sehat. Selamat Menyeruput!

0 komentar:

Posting Komentar

Terima kasih sudah berkunjung, silakan tinggalkan komentar...